Headlines News :
Home » » JUAL BIJI KACANG PJ (pueraria Javanica)

JUAL BIJI KACANG PJ (pueraria Javanica)

Written By Berkah Tani Unggul on Thursday 26 July 2018 | 23:10

Pueraria javanica (PJ) merupakan salah satu jenis tanaman penutup tanah/
LCC (Legume Cover Crop)
yang sering digunakan oleh perkebunan karet dan juga kelapa sawit sebagai salah satu tumbuhan pioneer. Pueraria javanica merupakan salah satu jenis biji kacangan yang memiliki kemampuan cepat dalam menjalar karena memiliki keunggulan dalam proses pengikatan unsur nitrogen (N) yang dibutuhkan oleh tanaman utama (karet atau kelapa sawit) yang belum dewasa.

Manfaat Biji PJ (Pueraria javanica)

Selain sebagai tanaman penutup tanah, tanaman pueraria javanica juga sering digunakan sebagai makanan ternak. Hingga saat ini, kebutuhan akan biji PJ sangat tinggi, diperkirakan mencapai 1600 ton per tahunnya. Jumlah kebutuhan biji PJ tersebut bisa jadi terus meningkat setiap tahunnya mengingat lahan perkebunan karet ataupun kelapa sawit setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Lalu, kenapa kebutuhan biji PJ sangat tinggi? Apa saja manfaat biji PJ, terutama bagi lahan perkebunan? Berikut beberapa manfaat dari Pueraria javanica bagi lahan perkebunan:

Berguna untuk menekan pertumbuhan gulma sehingga biaya untuk pengendalian gulma dapat ditekan.
Mempunyai kemampuan untuk memperbaiki kondisi fisik tanah seperti aerasi dan juga menjaga kelembaban tanah.
Erosi tanah dapat dikurangi, dengan kata lain dapat memelihara tekstur tanah dan mengurangi proses kehilangan unsur hara pada tanah.
Sifat kimia tanah akan diperbaiki karena tanaman Pueraria javanica memiliki kemampuan untuk mengikat Nitrogen (N) dari udara, kemudian nitrogen akan diolah dan dilepaskan ke dalam tanah melalui bintil akar dalam bentuk bahan organik (produksi humus), sehingga tanaman perkebunan juga memiliki pertumbuhan yang lebih optimal dengan meningkatnya unsur nitrogen di dalam tanah.
Mampu mengurangi penguapan air permukaan, menyimpan air, dan mengurangi suhu tanah, sehingga kelembaban dan kandungan air dalam tanah dapat dipertahankan.
Dapat mempercepat dekomposisi bahan organik.

Harga : 185.000/kg
Hub wa/call : 0857 2323 1666

Share this article :

0 komentar:

Subcribe

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Recent Post

Popular Posts

Comments

Random Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. KELOMPOK TANI BERKAH TANI UNGGUL - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template