Headlines News :
Home » » Pengendalian Penyakit Fusarium Pada Tanaman Pisang

Pengendalian Penyakit Fusarium Pada Tanaman Pisang

Written By Berkah Tani Unggul on Saturday 26 October 2013 | 08:51

Layu Fusarium merupakan salah satu penyakit utama pada tanaman pisang. Untuk menghindari penyakit layu Fusarium, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Gunakan bibit yang sehat, bebas penyakit. Bibit diperoleh dari pohon induk yang sehat. Jangan gunakan bibit dari pohon induk yang sakit, meskipun bibit tersebut terlihat sehat.
  2. Gunakan pupuk organik yang cukup. Gunakanlah pupuk organik yang benar-benar matang. Sebaiknya digunakan pupuk organik dari kotoran kambing.
  3. Pemanfaatan agens biokontrol. Aplikasi biokontrol dapat dilakukan untuk perlakuan benih maupun dicampur bersama pupuk organik pada lubang tanam sebelum tanam.
  4. Jaga tanah agar tetap lembab, tetapi tidak tergenang. Kelembaban tanah dapat dijaga dengan irigasi yang cukup atau memberikan mulsa organik pada pangkal tanaman.
  5. Hindari membersihkan areal tanaman sehingga tanah bebar-benar terbuka (bebas dari rumput).
  6. Lakukan solarisasi lubang tanam dengan menutup menggunakan plastik bening/transparan. Lubang tanam yang disolarisasi perlu diperkaya dengan pupuk organik dan dijaga pada kondisi lembab.
  7. Berikan Trichoderma,Sp 50-100 gr/Lubang tanam/Rumpun pada tanaman yang sudah tumbuh sumber : http://pkht.or.id/tips/113-pengendalian-penyakit-fusarium-pada-pisang 
Share this article :

0 komentar:

Subcribe

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Recent Post

Popular Posts

Comments

Random Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. KELOMPOK TANI BERKAH TANI UNGGUL - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template