Headlines News :
Home » » Mencegah Kosong Buah (Skip) pada Tanaman Pepaya

Mencegah Kosong Buah (Skip) pada Tanaman Pepaya

Written By Berkah Tani Unggul on Saturday 26 October 2013 | 08:56

Pepaya merupakan tanaman yang peka terhadap perubahan lingkungan, terutama ketersediaan air. Jika terlalu basah atau terendam, akar membusuk lalu tanaman mati. Namun, pada tanaman yang mengalami kekeringan dalam jangka waktu tertentu, terjadi kegagalan pembentukan buah yang ditandai kosongnya batang dari buah di bagian tertentu. Keadaan ini disebut skip. Skip sangat merugikan karena dapat menurunkan produksi.


Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mencegah skip buah :
  1. Tanam pepaya pada periode yang mempunyai kecukupan air seperti pada awal musim hujan. Kecukupan air pada periode ini akan meningkatkan proporsi tanaman yang menghasilkan bunga lengkap.
  2. Tingkatkan kapasitas tanah untuk mengikat air, terutama pada tanah yang padat atau sangat porous. Hal ini dapat dilakukan dengan penambahan bahan organik secara teratur, minimum setiap enam bulan sekali. Untuk tanah yang padat perlu diberi pupuk organik setiap empat bulan sekali. Pemberian pupuk tersebut paling pada akhir musim hujan dengan dosis 5 – 10 kg/pohon. Tujuannya agar tanah di sekitar perakaran mampu mempertahankan air dan meningkatkan perakaran tanaman. Dengan cara ini, kelembaban tanah dapat dipertahankan selama mungkin.
  3. Menyediakan irigasi (irigasi tetes sangat baik) yang cukup, sehingga tanaman mendapatkan air yang cukup. Tanaman tidak boleh dileb (digenangi air), karena pepaya tidak tahan genangan. Idealnya, pepaya membutuhkan air sekitar 70 liter/minggu.
Share this article :

0 komentar:

Subcribe

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.

Recent Post

Popular Posts

Comments

Random Post

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. KELOMPOK TANI BERKAH TANI UNGGUL - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template